Jumat, 11 Maret 2016

Teknik Membuat Numbering dalam Laporan

Tags

Teknik Membuat Numbering dalam Laporan - Membuat sebuah laporan adalah hal yang biasa kita lakukan setelah melakukan suatu observasi ataupun penelitian untuk mendokumentasikan hasil yang telah kita dapatkan agar orang lain bisa mendapatkab informasi baru atas hasil kerja kita. Membuat sebuah laporan tidaklah rumit, asalkan anda tahu teknik serta kerangka pembuatan laporan.


Namun, dalam konteks ini saya akan membahas detail kepada anda mengenai cara mengatur page numbering pada tiap halaman pada laporan anda. Page number atau nomor halaman ini difungsikan untuk mempermudah pembaca mengetahui letak halaman pada laporan. Kadangkala penomoran halaman inilah yang menjadi salah satu kendala dalam pembuatan laporan.

1. Cover & Numbering (i,ii,iii,...)

Dalam membuat laporan biasanya cover dibuat terpisah dengan laporan itu sendiri, saya akan membahas cara membuat laporan beserta cover di dalamnya. Disini juga saya akan membahas cara membuat numbering dengan angka romawi kecil (i,ii,iii,...). Nahh dengan tekhnik versi saya ini, saya akan membantu anda dalam membuat laporan dengan cover di dalamnya dan numbering menggunakan angka romawi kecil.



2. Section Breaks


Section artinya seluruh dokumen yang terdiri dari satu bagian. Sedangkan Section Breaks berarti mengakhiri suatu bagian dan memulai section baru, dalam satu dokumen. Biasanya saya menggunakan next page pada menu section breaks. 

3. Numbering (1,2,3,...) 

Numbering atau penomoran digunakan untuk mempermudah pembaca untuk menelusur isi-isi laporan. Apabila halaman dimulai dengan Bab atau Sub Bab maka penomoran diletakan pada tengah bawah halaman, jika tidak maka penomoran diletakan di kanan atas halaman.
  • Untuk Penomoran tengah bawah sama caranya dengan penomoran romawi tinggal diubah penomorannya dengan nomor latin (1,2,3,...)
  • Untuk Penomoran kanan atas pun sama caranya, tetapi ada langkah-langkah agar penomoran tidak berantakan karena format sebelumnya penomoran tengah bawah


Sekian tutorial dari saya semoga teman-teman terbantu dengan penjelasan yang telah diberikan. Semua pemahaman yang ada disini adalah berdasarkan pemahaman saya sendiri, Apabila ada salah/kekurangan mohon dikoreksi agar lebih baik lagi kedepannya. Good Luck !!!





EmoticonEmoticon