Senin, 20 Juni 2016

Pembuatan Daftar Isi Otomatis Menggunakan Libre Office Writer

Tags




Pembuatan Daftar Isi Otomatis Menggunakan Libre Office Writer – ini merupakan sebuah teknik yang dapat memudahkan kita dalam pembuatan daftar isi. Mungkin kebanyakan orang masih saja membuat daftar isi secara manual, itu pun akan dibuat apabila laporan, makalah, atau proposal telah selesai dibuat. Dengan mempelajari teknik berikut, kita tidak perlu lagi kerepotan dalam membuat daftar isi. Baik bab, sub bab, anak sub bab maupun numberingnya pun dapat dengan mudah tertata secara otomatis dengan metode ini. Hanya tinggal mengklik update table, kita tidak perlu lagi mengatur ulang daftar isi apabila ada perubahan isi laporan di tengah jalan.

Daftar isi merupakan bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan pokok-pokok pembahasan atau poin-poin utama dalam sebuah karya tulis baik itu bab, sub bab, dan anak sub bab. Daftar isi mempunyai peranan penting dalam pembuatan karya ilmiah. Karena, dengan adanya daftar isi pembaca dapat dengan mudah menemukan topik utama atau isi materi yang dibahas secara umum dalam tiap halaman. Selain itu, dengan adanya daftar isi, sebuah karya tulis akan terlihat lebih rapih.



Berikut teknik pembuatan Daftar Isi otomatis.

1. Ketikkan data References



2. Pindahkan semua judul utama ke setiap halaman yang berbeda



3. Beri style pada tiap judul


4. Beri penomoran pada halamn


5. Menampilkan Bullets and Numbering


6. Menampilkan Daftar Isi



Pedoman pembuatan daftar isi ini tidak hanya dikhususkan untuk pengguna libre office writer. Bagi pengguna Ms. Word pun bisa diaplikasikan, karena dasarnya semua aplikasi pengolah kata mempunyai struktur yang sama dan mungkin yang berbeda hanya ikon serta tata letaknya. Sekian artikel Pembuatan Daftar Isi Otomatis Menggunakan Libre Office Writer ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.


EmoticonEmoticon